Senin, 07 November 2011

Kemendikbud Perbaiki 3.000 Ruang Kelas Rusak

suarasurabaya.net| Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selesaikan 3.000 ruang sekolah yang rusak sampai akhir Desember 2011 ini.

Program nasional rehabilitasi ruang kelas rusak berat yang dicanangkan Oktober 2011 lalu tidak membedakan sekolah negeri atau swasta. Madrasah Ibtidaiyah maupun Tsanawiyah juga masuk dalam cakupan progam ini.

Dilaporkan Jose Asmanu reporter Suara Surabaya di Jakarta, Selasa (8/11/2011), M Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mentarget sampai akhir Desember tahun ini akan menyelesaikan sekitar 3.020 ruang kelas. Terdiri atas 2.014 ruang kelas SD dan 1.006 ruang kelas SMP.

”Sekarang sudah mencapai 60 persen dari target yang akan dicapai sampai akhir Desember,” kata M Nuh.

Kata Mendikbud, untuk mendukung program perbaikan ruang kelas yang rusak ini Kemdikbud mengalosikan dana Rp 617 miliar, 65,9 % diantaranya sudah terserap.

Kendala yang dihadapi program ini pada penyaluran dana. Banyak rekening sekolah yang sudah lama mati. Dana rehabilitasi yang terlanjur ditransfer, dikembalikan ke kas bendahara negara. "Secara administrasi kendalanya cuma itu,” ungkap M Nuh.

Ruang kelas yang rusak jumlahnya sekitar 103 ribu ruang. Mendikbud menjanjikan tahun 2013 sudah selesai. Tidak ada lagi potret ruang kelas tempat belajar anak didik kita. Dalam program ini Kemendikbud bekerjasama dengan TNI.(jos/ipg)

0 komentar:

Posting Komentar